Jumat, 03 Februari 2017

Buka Mur Kopling dan Oli Sentrifugal Pulsar ug4 tanpa alat khusus

Biasanya buka mur rumah kopling Pulsar menggunakan treker penahan yang dimasukan ke kaki pengunci per kopling . kalau buka dan pasang body centrifugal oil filter menggunakan gir kecil tambahan yang diselipkan antara gir primer dan gir rumah kopling. hal ini biasanya yang kita temukan di bengkel - bengkel, walaupun BERES Bajaj sudah gak ada katanya", saya masih temukan di Mr. Montir , dan beberapa bengkel yang suka oprak oprek motor pulsar.
saat ini saya punya cara sendiri praktek di rumah tanpa treker atau penahan tambahan.
cara buka dan kencangkan mur kopling ( arah putar mur tidak seperti biasanya ) :
1. Buka , masukan gigi motor ke gigi satu atau ke gigi dua .
2. Masukan balok kayu yang cukup besar ke sela sela velg belakang agar menahan rantai. lalu putar deh mur pengunci rumah koplingnya ke arah KANAN.



3. Kalau untuk mengencangkan , caranya masukan juga gigi motor ke gigi satu atau ke gigi dua , lalu ganjal velg belakang menggunakan besi atau kunci dongkrak mobil di bagian atas arm. agar terkunci. lalu putar mur tsb ke arah KIRI perlahan lahan agar jangan sampai merusak permukaan velg karena tekanan yang kuat.


 cara buka dan kencangkan mur oli sentrifugal :
1. paling mudah dengan membuka blok magnet dan tahan as primer dari magnet menggunakan kunci 14.
2. buka mur oli sentrifugal ke arah Kiri sedangkan kencangkan ke arah Kanan.
3. Alternatif lain bisa diganjal menggunakan kunci L no 4 di antara gigi primer dan gigi rumah kopling.





Demikian cara yang dapat dipakai jika kita tidak punya alat alat khusus seperti tracker holder. kalau motor lain juga pernah saya pake dengan cara ini dan berhasil juga , daripada mur nya diketok pake palu jadi rusak deh . Oh iyah kumci mahkotanya pakai ukuran 25mm di kikir sedikit bagian dalamnya supaya pas.

SUARA KLOTOK KLOTOK AREA KOPLING PULSAR 180 UG4

SUARA KLOTOK KLOTOK AREA KOPLING PULSAR 180 UG4

Setelah ber bulan bulan hunting part nya Pulsar , lumayan susah tapi dengan kesabaran akhir nya satu persatu dapat dijalani dengan baik.
Saat ini saya curiga dengan suara klotok klotok pada mesin bagian kopling dan balancer saat  rpm rendah / langsam. tebakan saya sih pada balancer idle untuk stel bandul balancer , tetapi setelah dicek tidak ada yang rompal , ya sudah pasangkan lagi saja lah.. saya kali ini coba stel pergeseran di 2 mata gigi sambil dicek ulang marking bandul dan gir primer sudah OK hal ini bermaksud agar tidak ada guncangan hebat di motor / "goyang rege katanya mah".
Pemasangan sudah rampung , lalu motor dinyalakan kembali , tapi ternyata suara klotok kasar itu masih ada malahan tambah jelas. saya bingung , apa sebenarnya ini teh ?.. hehe..
oke saya langsung cek rumah kompling , ternyata memang agak oblak dan sepertinya karet damper sudah keras sehingga longgar . padahal saya baru ganti kampas kopling kemarin tapi memang gak ngeh' kalo rumah kopling juga masalah. oke dah dengan sabar saya kerjakan lagi , karena berhubung alat di rumah gak komplit maka satu per satu mata paku pengunci karet rumah kopling saya kikir pakai kikir yang besar sampai habis dan akhirnya bisa dilepas. setelah dicek ternyata memang benar karet sudah keras sekali dan longgar.
Ini dia karet yang sudah keras 
lanjutkan lagi , saya ganti saja pake karet asli honda untuk motor grand / supra Rp.35 rb . 
pantek lagi pakunya.  owh iya semula paku pantek asli pulsar ternyata di pres dari dalam rumah kopling sehinnga payung paku nya berada di luar plat pengunci di luar matahari. karena saya pikir agak terlalu sempit untuk diketok palu dari dalam maka saya balik saja payung paku tsb dimasukan dari dalam sehingga bisa leluasa dipukul dari luar plat pengunci matahari.   
saya rasa sudah selesai , lalu lanjutkan dipasang lagi rumah kopling nya. 
Ehh.. ehh.. pada saat pasang penutup baut per kopling / holder clutch , kebablasan 1 mata tempat baut patah. padahal dengan cara merata kencangkan lima baut pelan- pelan dan bergantian. Dasar sial ternyata yg bikin longgar juga gara - gara dari sini ada, yang retak sehingga tekanan satu per tsb tidak maksimal .
salah satu retak dan akhirnya patah saat dikencangkan.
Ya sudah lah menyerah dulu sementara, saya harus cari cari lagi nih part yang beginian. kalo Ug3 sih masih 4 lubang baut dan bisa pake punya Tiger, tapi yang lima begini sama apaan ? ada juga variasi untuk ninja 250 klo beli segelondong kopling dan rumahnya 1,2 juta. walah... artos na teu aya uy'.
saya pesan di spare part pulsar online katanya sih ada. dan mau dikirim, mudah mudahan aja gak gampang retak lagi. 

ok deh nanti saya lanjutkan lagi klo sudah ada part nya , akan dipasang apakah suara klotok klotok tsb hilang? eng ing eng .. bersambung....